3 Adab Masuk Masjid yang Tidak Boleh Disepelekan

Dalam agama Islam terdapat berbagai adab saat hendak melakukan aktivitas baik berupa rutinitas maupun ibadah, seperti adab masuk masjid. Sehingga setiap muslim perlu memerhatikan adab tersebut dan jangan mengabaikannya, agar mendapat keberkahan dalam setiap kegiatan.

Masjid merupakan rumah Allah, tentu sebagai hamba-Nya perlu memperlakukan masjid dengan baik dan spesial agar bukan hanya mendapat manfaat dari tempat tersebut, namun memperoleh pahala selama berada di dalamnya. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memerhatikan adab ketika memasuki masjid.

Lantas apa saja adab yang perlu diperhatikan saat masuk ke dalam masjid? Berikut 3 adab masuk masjid yang penting untuk diperhatikan.

Membaca Doa saat memasuki masjid

Adab pertama yang penting dilakukan saat memasuki masjid adalah membaca doa. Setiap muslim pada umumnya sudah mengetahui adab tersebut, namun terkadang luput untuk melakukannya. Padahal dengan mengamalkan adab membaca doa sebelum memasuki masjid akan mendapat berbagai manfaat yang baik selama berada di dalam masjid.

Doa masuk masjid juga tidak begitu panjang sehingga bisa dibaca atau dihafal dengan mudah. Doa masuk masjid tersebut ialah, “Allahummaf tahlii abwaaba rohmatik,” atau “Bismillah wash shalaatu was salaamu ‘ala rasuulillah. Allahummaf tahlii abwaaba rahmatik”.

Dengan membaca doa ini maka bisa mendatangkan banyak rahmat dari Allah subhanahu wa ta’ala. Membaca doa ketika memasuki masjid juga menjadi abad yang membuktikan bahwa seorang muslim menghormati masjid yang menjadi tempat mulia dalam agama Islam.

Melakukan 2 rakaat sholat sunnah tahiyatul masjid

Adab masuk masjid selanjutnya yang tidak boleh disepelekan adalah sholat sunnah tahiyatul masjid. Sholat 2 rakaat ini harus dilakukan setelah memasuki masjid dan sebelum duduk di dalam masjid. Saat memasuki tempat ibadah tersebut, bisa langsung melakukan sholat sebelum melakukan berbagai aktivitas ibadah lainnya.

Bukan hanya sebagai bentuk menghormati masjid, sholat tahiyatul masjid juga memiliki keutamaan di antaranya mendekatkan diri pada Allah subhanahu wa ta’ala, menyempurnakan sholat wajib, hingga sebagai salah satu ikhtiar memohon ampun dari berbagai dosa. Dengan banyaknya keutamaan dari adab yang satu ini, sholat tahiyatul masjid menjadi adab yang tidak boleh terlewatkan.

Berpakaian rapi dan masuk masjid dengan mendahulukan kaki kanan

Berpakaian rapi menjadi salah satu adab mendatangi masjid yang tidak boleh disepelekan. Dengan berpakaian rapi, maka hal ini menunjukkan bahwa seseorang menghormati serta memuliakan masjid.

Bukan hanya itu, adab lain yang perlu mendapat perhatian adalah memasuki masjid dengan mendahulukan kaki kanan. Sisi tubuh sebelah kanan perlu didahulukan saat akan melakukan aktivitas yang sangat baik, sedangkan sisi tubuh sebelah kiri digunakan untuk sebaliknya.

Inilah yang membuat adab memasuki masjid menggunakan kaki kanan terlebih dahulu perlu diperhatikan. Dengan melaksanakan adab ini, berarti seseorang menjaga kesucian masjid agar tidak tercemar oleh berbagai keburukan.

Adab dibuat dengan tujuan untuk membentuk pola kehidupan yang baik dan terjaga serta menjadi salah satu ikhtiar yang dilakukan untuk mendapatkan keutamaan dari setiap hal yang dilakukan. Memerhatikan adab bisa membuat kehidupan seseorang lebih tertib dan dipenuhi dengan berbagai keberkahan.

Itulah 3 adab masuk masjid yang perlu diperhatikan dengan seksama agar mendapat berbagai keutamaan selama ada di dalam masjid. Bukan hanya saat memasukinya, ada beberapa ada yang juga perlu dilakukan ketika keluar dari masjid seperti mendahulukan kaki kiri dan membaca doa.

0 Comments

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d blogger menyukai ini: