CategoriesUncategorized

Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan, Raih Keberkahan Tanpa Batas

20 hari bulan ramadhan sudah dilewati. Alhamdulillah semangat masih tinggi hingga hari ini. Apakah kita sudah maksimal menjalani segala perintah Illahi Rabbi? Wallahualam. Mari kita kerahkan segala potensi dengan amalan 10 hari terakhir bulan ramadhan semata-mata berharap ridho sang Ilahi.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersungguh-sungguh di 10 terakhir di bulan Ramadhan lebih dari pada bersungguh-sungguhnya beliau di hari-hari lainnya.” (HR. Muslim dan Ahmad).

Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari sahabat ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha bahwasannya “dahulu Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apabila telah masuk 10 terakhir beliau mengencangkan ikat pinggangnya, menghidupkan malam-malamnya dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

10 Hari Terakhir di Bulan Ramadhan

amalan 10 malam terakhir

Bulan Ramadhan memiliki 3 fase, 10 hari pertama, 10 hari kedua dan 10 hari terakhir. Di dalam fase terakhir ini merupakan fase pembebasan dari api neraka. Oleh karena itu, mari raih keberkahan tanpa batas dengan 6 amalan 10 hari terakhir bulan Ramadhan berikut ini.

1. Itikaf 

sholat sunnah sebelum subuh

Merupakan salah satu amalan di 10 malam terakhir yang sangat dianjurkan. Itikaf adalah berdiam diri di masjid kemudian memperbanyak ibadah seperti qiyamul lail, tilawah quran, juga berdzikir. 

Dengan demikian, kita akan sejenak melupakan urusan dunia. Terlebih, kita akan bisa lebih semakin dekat dalam mencari malam lailatul qadar, malam yang memiliki lebih baik dari seribu bulan.

2. Perbanyak Sedekah, amalan 10 hari terakhir bulan ramadhan berlipat keberkahan

hadist tentang sedekah

Bersedekah pada bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan. salah satu keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan ialah, ketika bersedekah maka pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Indonesia Dermawan memiliki berbagai macam pilihan program kebaikan yang bisa kamu pilih untuk bersedekah. 

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang menafkahkan sebagian harta mereka, baik laki-laki maupun perempuan, dengan sukarela tanpa disertai dengan mengungkit-ungkit pemberiannya dan tidak menyakiti perasaan orang yang menerima, maka pahala amal perbuatan mereka dilipat gandakan; kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya hingga tujuh ratus kali lipat, hingga berlipat-lipat, dan di samping itu mereka mendapatkan pahala yang baik di sisi Allah, yaitu Surga.” (QS. al-Hadid ayat 18).

3. Perbanyak tilawah Al-quran

amalan 10 malam terakhir tilawah

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

Imam An Nawawi mengatakan, membaca Al Quran di akhir malam lebih baik dibanding membaca di awal malam. Sedangkan membaca Al Quran yang paling baik di siang hari dilakukan setelah salat subuh.

4. Perbanyak memanjatkan doa di 10 hari terakhir bulan ramadhan

Doa adalah ibadah yang sangat sering kita kerjakan setiap hari. Berdoa merupakan salah satu inti dari beribadah kita terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebagai mana dalam firman Allah:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادۡعُوۡنِىۡۤ اَسۡتَجِبۡ لَـكُمۡؕ اِنَّ الَّذِيۡنَ يَسۡتَكۡبِرُوۡنَ عَنۡ عِبَادَتِىۡ سَيَدۡخُلُوۡنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيۡنَ

Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Di dalam 10 malam terakhir terdapat 1 malam yang sangat istimewa, dimana terdapat kebaikan lebih dari 1000 bulan yaitu malam lailatul qadar. Dengan kemuliaan yang begitu besar, perbanyak berdoa menjadi salah satu amalan 10 malam terakhir ramadhan yang dianjurkan.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengajak kita agar senantiasa memanjatkan doa di 10 malam terakhir. Terlebih dengan doa-doa yang dianjurkan Nabi besar Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

5. Qiyamul lail

qiyamul lail amalan 10 hari terakhir ramadhan

Amalan di penghujung bulan Ramadhan selanjutnya adalah Qiyamul lail. Qiyamul lail atau sholat malam. Bisa dikerjakan setelah sholat isya sebelum tidur. Bisa 2 rakaat, 4 rakaat, sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. 

Sholat malam ini memiliki keutamaan yang sangat istimewa. Seperti diriwayatkan dalam sebuah hadist: “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Sebaik-baik shalat setelah shalat fardlu adalah shalat malam.” (HR Muslim).

6. Dzikir

amalan 10 malam terakhir

Berdzikir yang satu ini adalah amalan yang sangat mudah untuk kita lakukan dimanapun dan kapanpun. Terlebih dibulan Ramadhan, bulan yang memiliki keberkahan berlipat ganda. Maka berdzikir merupakan amalan 10 malam terakhir di bulan Ramadhan yang dianjurkan.

Diriwayatkan dalam sebuah hadist:  “Aku bersama sangkaan hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku bersamanya jika dia menyebut-Ku. Jika dia menyebut-Ku dalam dirinya, aku pun menyebutnya dalam Diri-Ku. Dan apabila dia menyebut-Ku di hadapan orang banyak, Aku pun menyebutnya di hadapan orang-orang yang lebih baik dari mereka.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Demikian rangkuman dari 6 amalan 10 malam terakhir bulan ramadhan. Mari kita kencangkan lagi ibadah kita. Seperti dalam hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim:

“Dari Aisyah RA, ia berkata, Rasulullah SAW ketika masuk 10 hari terakhir bulan Ramadhan, mengencangkan kain bawahnya, menghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya (muttafaq ‘alaih).”