Pahami Amalan Ini Agar Doa Dikabulkan

Dalam kehidupan di dunia ini ada yang tidak bisa ditinggalkan sama sekali. Manusia yang percaya akan Tuhan tentunya sangat bergantung pada hal ini. Sebuah amalan ajaib yang bisa merubah segalanya, yang dengannya yang sulit menjadi mudah, bahkan yang mustahil dapat tercapai. Amalan ajaib tersebut dinamakan doa. Pahami amalan berikut ini agar doa dikabulkan.

Bagi seorang muslim doa adalah tanda berserah diri pada Allah subhanawata’ala. Hanya dari doa yang dilangitkan dan ikhtiar yang dimaksimalkan , maka semua yang diinginkan dapat tercapai atas izin Allah. Muslim yang tidak berdoa dapat dikatakan sebagai seorang yang sombong, ia seolah-olah dapat menyelesaikan segala sesuatunya sendiri. Padahal sekeras apapun usaha seseorang dalam memperjuangkan sesuatu, tanpa doa yang mengundang izin Allah maka tidak akan tercapai.  

“Pada suatu hari, salah seorang sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, pesankan sesuatu kepadaku yang akan berguna bagiku dari sisi Allah.” Rasulullah menjawab, “Perbanyaklah berdoa. Sesungguhnya kamu tidak mengetahui kapan doamu akan terkabul.” (HR Ath-Thabrani)

5 Amalan agar doa dikabulkan

Setiap yang berdoa selalu Allah kabulkan, namun cara Allah mengabulkan doa tidak harus sama persis seperti yang diucapkan, terkadang Allah mengabulkannya dengan menundanya, atau menggantinya dengan yang lebih baik, karena Allah yang Maha Tahu yang terbaik untuk hambanya. 

“ Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembahKu akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Gafir : 60)

Berikut adalah 4 amalan agar doa segera dikabulkan.

1. Sholat Taubat

Amalan yang paling utama yang bisa dilakukan yaitu sholat taubat. Sebagai manusia yang tidak pernah luput dari salah dan dosa, maka mengakui kesalahan dan meminta ampun kepada Allah serta berjanji tidak akan mengulanginya menjadi penting agar kita selalu merenungi segala perbuatan kita yang salah.

Terkait sholat taubat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Setiap anak keturunan Adam adalah orang yang berbuat kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah orang yang bertaubat (HR. Ibnu Majah).”

2. Perbanyak Dzikir

اَلَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا وَ تَطۡمَئِنُّ قُلُوۡبُہُمۡ بِذِکۡرِ اللّٰہِ ؕ اَلَا بِذِکۡرِ اللّٰہِ تَطۡمَئِنُّ الۡقُلُوۡبُ

Artinya:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar Ra’d ayat 28).

Amalan pertama yang bisa menjadi iktiar kita dalam mempercepat terkabulnya doa adalah dengan memperbanyak dzikir. Dzikir yang bisa diamalkan diantaranya yaitu Dizkir Ya Mujib. Anda dapat mengamalkan pada waktu-waktu mustajab berdoa seperti setelah sholat subuh.

3. Melakukan sholat hajat

Sholat hajat menjadi salah satu amalan paling utama yang bisa dilakukan agar doa kita dikabulkan Allah SWT.  Sholat sunnah ini memang ditujukan untuk setiap muslim yang memiliki keinginan ataupun ketika ingin mencari solusi dari sebuah masalah.  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengajarkan bahwa sholat hajat untuk dilakukan ketika ingin agar doa kita lekas terkabul.

4. Rutinkan sholat tahajud

Sholat sunnah di sepertiga malam ini menjadi waktu yang mustajab untuk setiap muslim dalam ikhtiar mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain bisa mendekatkan kita kepada sang pencipta ataupun segera selesainya ujian hidup yang sedang dihadapi, bisa juga menjadi amalan untuk segera terkabulnya doa ataupun keinginan kita.

5. Perbanyak sedekah

Allah dalam firmanNya dalam Al-quran surah Al Hadid ayat 18:

اِنَّ الۡمُصَّدِّقِیۡنَ وَ الۡمُصَّدِّقٰتِ وَ اَقۡرَضُوا اللّٰہَ قَرۡضًا حَسَنًا یُّضٰعَفُ لَہُمۡ وَ لَہُمۡ اَجۡرٌ کَرِیۡمٌ

Artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya oleh Allah) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid ayat 18).

Berdasarkan ayat diatas, setiap harta yang kita keluarkan untuk sedekah, makan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Agar doa kita bisa segera terkabul, amalan sedekah menjadi yang paling mustajab yang bisa kita lakukan agar dapat mempercepat doa kita terkabul.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bersedekah diantaranya dengan menyalurkan sedekah terbaik anda melalui platform sedekah online dari ACT. Berbagai metode pembayaran semakin memudahkan kita dalam bersedekah dari manapun kita berada.

Tata cara berdoa yang dianjurkan agar cepat terkabul

Pertama, meluruskan niat karena Allah SWT dan menjadikan doa sebagai satu-satunya cara berserah diri hanya Allah-lah yang mampu sedangkan manusia tidak mampu. 

Kedua, menghadap kiblat dan menengadahkan tangan. Diterangkan dalam hadits berikut ini:

Dari Salman radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Tuhan kalian itu Malu dan Maha Memberi. Dia malu kepada hamba-Nya ketika mereka mengangkat tangan kepada-Nya kemudian hambanya kembali dengan tangan kosong (tidak dikabulkan).” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Ketiga, mengucapkannya dengan suara lirih dan tidak dikeraskan. Dalam surat maryam ayat -3 Allah Subhanahu wa Ta’ala memuji Nabi Zakaria, yang berdoa dengan penuh khusyu dan suara lirih. 

وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا

“Janganlah kalian mengeraskan doa kalian dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu.” (QS. Al-Isra: 110)

Keempat, memulai doa dengan memuji Allah SWT seperti tahmid dan tasbih dan shalawat kepada Rasulullah SAW. 

Kelima, perbanyaklah doa, karena bagaikan kayuhan sepeda, semakin sering dilantunkan maka atas izin Allah akan semakin dekat untuk dikabulkan. 

Waktu- waktu mustajabnya doa 

“Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta, akan Aku beri, dan siapa yang memohon ampunan pasti Aku ampuni’.” (HR. Muslim)

Terdapat beberapa waktu mustajab dimana doa akan Allah kabulkan salah satunya seperti hadits diatas. 

  1. Sepertiga malam. Bagi muslim yang mengetahui mulianya ibadah malam tersebut tentunya tidak ragu lagi bahwa setiap doa yang diucapkan akan Allah kabulkan. 
  2. Setelah shalat. Jika sudah melaksanakan shalat maka hendaknya seseorang tidak beranjak dari tempat shalatnya, karena di waktu itulah para malaikat akan membantu meng-aminkan doa-doa. 
  3. Diantara adzan dan iqomah. Jika adzan telah selesai , maka perbanyaklah berdoa. Dan memohonlah agar doa diterima oleh Allah SWT. 
  4. Pada saat sujud dalam shalat. Rasulullah ﷺ telah bersabda, “Jarak yang paling dekat antara hamba dengan Tuhannya adalah ketika ia sujud kepada-Nya. Maka, perbanyaklah doa pada saat itu” (HR Muslim, Ahmad, Abu Daud, dan Nasa’i)
  5. Setelah shalat ashar di hari jum’at. Dari Anas bin Malik RA dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda, “Carilah oleh kalian waktu-waktu yang mustajab pada Jumat setelah Ashar sampai tenggelamnya matahari.” 
  6. Ketika berbuka puasa. Waktu berbuka puasa adalah waktu yang penuh berkah, karena di waktu ini manusia sedang merasakan kebahagiaan setelah menahan lapar dan haus seharian. Sehingga doa yang dipanjatkan dapa waktu ini ata izin Allah tidak tertolak. 

Jika seseorang merasa doanya belum dikabulkan maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan selain dari adab dan waktunya. Bisa jadi karena berdoa dengan tergesa-gesa atau tidak yakin akan doa yang dipanjatkan. Kebanyakan sebab doa belum terkabul karena masih sering bermaksiat, atau memakan makanan minuman haram. Oleh karena itu yakinlah akan doa-doa yang ingin kita sampaikan , dan jauhilah semua yang Allah larang, insya Allah dengan begitu tidak ada penghalang agar doa dikabulkan. 

sumber foto : unsplash.com @Milada

%d blogger menyukai ini: