6 Amalan Pembuka Pintu Rezeki yang Allah Cintai

Beragam amalan pembuka pintu rezeki yang Allah ridai sangatlah dekat dalam kehidupan sehari-hari, bahkan mungkin kita tidak menyadari, bahwa selama ini pun telah melakukannya.

Allah telah mengatur rezeki setiap makhluk-Nya. Namun demikian, kita tetap harus berusaha dan berikhtiar sebaik mungkin dalam menjemput bekal hidup ini. Tidak hanya itu, usaha yang dilakukan pun sebaiknya disertai dengan iringan doa. Dalam meraih rezeki itu sendiri, banyak amalan yang dianjurkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam yang dapat kita tiru.

Namun tahukah kita, bahwa rezeki tidak semata-mata berupa uang saja. Makanan, pakaian, pasangan dan keluarga yang saleh pun merupakan rezeki. Hal-hal penting seperti itulah yang kerap terabaikan.

Hindari hal-hal buruk yang dibenci Allah, sehingga Allah pun melindungi kita. Berikut ini adalah contoh 6 amalan yang sebaiknya dilakukan agar pintu rezeki terbuka lebar.

1. Istighfar

Istighfar merupakan amalan pembuka pintu rezeki yang pertama. Memohon ampunan atau maghfirah kepada Allah Sang Maha Pencipta. Istighfar juga merupakan salah satu bentuk tobat.

Banyak keutamaan yang bisa didapat dengan melakukan istighfar, di antaranya mendapat ampunan Allah, mendapat rahmat Allah, mendapat keberuntungan, kebahagiaan, dan tentu saja sebagai pembuka pintu rezeki.

2. Silaturahmi

Amalan yang kedua untuk membuka pintu rezeki adalah dengan melakukan silaturahmi. Banyak ayat Al-Qur’an dan hadits yang memerintahkan umat Muslim untuk menyambung tali silaturahmi, dengan tujuan dapat menjaga hubungan baik.

Dalam hadits riwayat Bukhari nomor 5985 dan Muslim nomor 2557, mengatakan bahwa, “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya. Hendaklah dia menyambung silaturahmi.”

3. Memperbanyak Sedekah

Amalan pembuka pintu rezeki yang ketiga adalah memperbanyak sedekah. Seperti terkandung di dalam ayat suci Al-Qur’an, salah satunya adalah, Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya, di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya. Dan barang siapa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah sebaik-baiknya pemberi rezeki.” (Qs. Saba: 39)

4. Meningkatkan Takwa

Takwa ditafsirkan ke dalam tiga makna, yaitu khasyyah (takut berbalut cinta) dan haibah (takut berbalut pengagungan), taat dan beribadah, serta membersihkan hati dari berbagai dosa.

Takwa pun ditunjukkan dalam ayat Allah, “Hai, orang-orang yang beriman. Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya. Sekali-kali janganlah kamu mati melainkan dalam keadaaan beragama Islam.” (Qs. Ali Imran: 102)

Ayat lain juga menyebutkan, “Barang siapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Kemudian barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.”(Qs. Ath-Thalaq: 2-3)

5. Melakukan Haji dan Umrah

Melakukan haji dan umrah juga merupakan amalan pembuka pintu rezeki yang dicintai Allah. Perjalanan ibadah haji dan umrah, bisa membuat kualitas serta ketakwaan seseorang meningkat, bahkan bisa secara signifikan.

Allah pun telah menegaskan dalam Qs. Al-Anfal ayat 4, bagi orang yang beriman, Allah menjanjikan derajat yang tinggi, ampunan, dan rezeki yang mulia. Sementara dalam Qs. At-Thalaq, Allah menyebutkan, bagi orang yang bertakwa, Allah menjanjikan memberi rezeki dari arah yang tidak diduga-duga.

6. Memperbanyak Doa Meningkatkan Rezeki

Amalan keenam untuk membuka pintu rezeki adalah dengan memperbanyak doa untuk meningkatkan rezeki. Salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dari hadits Ummu Salamah radhiyallahu anhu menyatakan, bahwa Nabi Muhammad selalu membaca doa ini, setelah selesai salam shalat subuh.

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa

Artinya, “Ya Allah, sungguh aku mohon kepada-Mu, ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain). Rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).”

Itu dia beberapa amalan pembuka pintu rezeki yang bisa kita amalkan. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d blogger menyukai ini: