amalan sebelum tidur
CategoriesUncategorized

Amalan Sunnah Sebelum dan Saat Bangun Tidur Beserta Dalilnya

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah contoh terbaik bagi seluruh umat manusia. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam lah yang membawa umat manusia dari zaman kegelapan menuju terang melalui segala ajaran dan contoh yang diberikan. Amalan sebelum dan saat bangun tidur adalah salah satu yang bisa kita lakukan. 

Keutamaan Menjalankan Sunnah

keutamaan mengikuti sunnah

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah (RA) dalam sebuah hadist, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: 

“Barangsiapa menghidupkan sunnahku maka dia telah mencintaiku. Dan siapa pun yang mencintaiku, dia akan bersamaku di surga.” 

Cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan cinta terhadap Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yaitu dengan mengikuti sunnah yang dicontohkan. Selain mendapatkan manfaat, pahala serta keberkahan tidak luput ketika kita mengerjakan sunnah dari suri tauladan umat muslim di seluruh dunia. Berikut adalah 12 sunnah sebelum dan saat bangun tidur.

7 Amalan Sunnah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam Sebelum Tidur

1. Tidur Setelah Menunaikan Sholat Isya.

2. Oleskan Kuhl (Surma) tiga kali di setiap mata.

3. Menutup pintu kamar / rumah, matikan lampu dan tutupi makanan dan minuman sambil mengucapkan Bismillah.

4. Berwudhu sebelum tidur.

5. Dimanapun kita akan tidur, dianjurkan untuk membersihkan tempat tidur dari debu sebanyak tiga kali bisa dengan kain atau sapu lidi sambil membaca doa:

بِاسْمِكَ رَبِّي وَضَعْتُ جَنْبِي، وَبِكَ أَرْفَعُهُ، فَإِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا، بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ

Bismika Rabbi Wada`tu janbi, wa bika arfa’hu. In amsakta nafsi faghfir laha, wa in arsaltaha fahfazha bima tahfaz bihi ‘ibadaka-s-salihin.

Artinya: “Dalam nama-Mu Tuhanku, aku berbaring dan dalam nama-Mu aku bangkit, jadi jika Engkau mengambil jiwaku maka kasihanilah itu, dan jika Engkau mengembalikan jiwaku maka lindungi dengan cara yang Engkau lakukan dengan hamba-hamba-Mu yang saleh.”

6. Membaca ayat kursi sebelum tidur.

7. Tidur menghadap samping kanan, lalu membaca doa:

اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ

Allahuma bismika ahyaa wa bismika amuut

5 Amalan Sunnah Saat Bangun dari Tidur

1. Duduk dan mengusap wajah dengan tangan.

2. Membaca doa:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Alhamdulillahilladzi ahyana ba’dama amatana wa ilaihin nusyur

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan hanya kepadaNya tempat kembali.”

3. Setiap Rasulullah shallallahu alaihi wasallam terbangun dari tidur, bahkan ditengah malam, selalu membersihkan giginya. 

4. Mencuci muka dan kedua tangan ketika terbangun dari tidur.

5. Berwudhu. Seperti diriwayatkan dalam sebuah hadist:

“Jika ada di antara kamu yang bangun dari tidur dan berwudhu, dia harus mencuci hidungnya dengan memasukkan air ke dalamnya dan kemudian meniupnya tiga kali, karena Setan telah tinggal di bagian atas hidungnya sepanjang malam.” (Bukhari: 3295)

Demikian adalah amalan sunnah yang bisa dilakukan sebelum dan saat bangun tidur. Dengan menjalaninya, kita berharap akan mendapatkan banyak keberkahan. Selain mendapatkan pahala dari mengerjakan sunnah, kita juga akan mendapatkan manfaat kesehatan tubuh dari sunnah tersebut. 

Untuk melengkapi semua sunnah yang sudah dijelaskan diatas, alangkah baiknya jika kita dapat menutup hari dengan sedekah sebelum tidur yang tersedia di Indonesia Dermawan pada link berikut ini.

sumber: https://www.islamicfinder.org/knowledge/islam-and-sunnah/prophets-sunnah-to-follow-in-daily-life/