sunnah idul fitri
CategoriesUncategorized

Amalan Sunnah Idul Fitri, Sempurnakan Keberkahan di Hari yang Fitri

Setelah 1 bulan lamanya umat muslim di dunia menjalani puasa Ramadhan, tanggal 1 Syawal merupakan tanggal yang ditunggu-tunggu dengan segala keberkahannya yang tanpa batas. Untuk meraihnya, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mencontohkan beberapa amalan sunnah idul fitri untuk bisa kita lakukan yaitu:

  1. Mandi sebelum berangkat sholat Ied
  2. Memakai Pakaian yang Terbaik.
  3. Makan Sebelum Sholat Ied.
  4. Memperbanyak takbir hingga menjelang sholat Ied tiba.
  5. Sholat Ied 
  6. Mengucapkan selamat kepada saudara muslim yang ditemui.
  7. Berjalan ke masjid dan pulang melewati jalan atau rute yang berbeda.
  8. Bersenang sewajarnya.

Hari Raya Idul Fitri merupakan Hari Raya Kemenangan Umat Muslim di dunia. Ditandai dengan berkumandangnya takbir semenjak turunnya fajar hingga menjelang sholat Ied esok harinya. Disambung dengan saling meminta maaf atas segala kesalahan yang dilakukan.

Mandi Sebelum Berangkat Sholat Ied

Merupakan hal yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, memberikan tampilan terbaik dengan mandi terlebih dahulu sebelum berangkat ke masjid.  

Dalam hadits riwayat Ibnu Majah, Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Dan dari Abdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha.”

Memakai Pakaian yang Terbaik Menyambut Idul Fitri

Setelah mandi membersihkan segala kotoran yang ada di tubuh, menggunakan pakaian yang terbaik menjadi hal yang dianjurkan selanjutnya. Seperti dalam sebuah hadist:

Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami untuk memakai pakaian terbaik yang kami miliki pada dua hari raya” (HR. Hakim).

Al-Haifz Ibnu Jarir rahimahullah berkata, “Diriwayatkan dari Ibnu Abu Dunya dan Baihaqi dengan sanad shahih sampai ke Umar, bahwa beliau memakai baju yang terbaik pada dua hari raya (idul fitri dan idul adha).”

Makan Sebelum Sholat Ied 

makan sebelum sholat idul fitri

Selain sebagai sunnah yang dianjurkan Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, Makan pagi dianjurkan hari raya Idul Fitri sebagai pengingat setiap muslim bahwa pada 1 Syawal dilarang / haram untuk berpuasa. 

“Dahulu Nabi shallallahu’alaihi wasallam tidak keluar pada pagi hari ‘Idul Fithri, sampai beliau memakan beberapa kurma, dan beliau memakannya dalam jumlah ganjil.” (HR.Al Bukhari)

Memperbanyak Takbir Hingga Menjelang Sholat Ied Tiba

Diriwayatkan dalam sebuah hadist, Abdullah bin Umar radhiyallahu’anhuma, ia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam dahulu keluar dari rumahnya pada dua hari raya. Beliau mengangkat suaranya dengan tahlil dan takbir”.

Sholat Ied 

sholat idul fitri

Selesai sholat kemudian dilanjutkan dengan khutbah. Tata cara sholat Ied ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam dahulu bertakbir pada hari Idul Fitri dan Idul Adha, pada (rakaat) pertama tujuh kali takbir dan pada (rakaat) kedua lima kali takbir.” (HR. Abu Dawud)

Dalam riwayat lain disebutkan pula bahwa disunnahkan untuk membaca surah Qaf dan Al Qomar, sebagaimana dalam hadits.

Dari ‘Ubaidullah bin ‘Abdillah, bahwa Umar ibnu al-Khaththab radhiyallahu’anhu bertanya kepada Abu Waqid al-Laitsiy, “Surat apakah yang dibaca oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam pada hari Iedul Adha dan Iedul Fithri? Lalu ia menjawab, “Pada dua hari raya tersebut beliau membaca surat Qaf dan Al Qomar”.

Mengucapkan Selamat Idul Fitri kepada Saudara Muslim yang Ditemui

Diriwayatkan dari para sahabat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, bila mereka bertemu dengan yang lain (pada saat hari raya) mereka akan mengucapkan selamat ‘Taqaballahu wa minna wa minkum’.

Adapun arti dari kata taqaballahu wa minna wa minkum adalah ‘Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian’.

Berjalan ke Masjid dan Pulang Melewati Jalan atau Rute yang Berbeda 

Pada saat akan melaksanakan sholat Idul Fitri, alangkah baiknya kita melewati jalan yang berbeda pada saat berangkat dan pulang. 

Hal ini sebagaimana dalam hadits Jabir radhiyallahu’anhu, dia berkata, “Dahulu pada hari raya, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam melalui jalan yang berbeda (untuk pergi dan pulangnya)”. (HR. Al Bukhari)

Bersenang Sewajarnya Menyambut Idul Fitri

Dibalik sukacita dan kebahagiaan yang hadir ditengah Hari Raya Idul Fitri, kita tetap dianjurkan untuk tidak berlebih-lebihan. 

Dalam hadist riwayat Ibnu Majah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga ikut merayakan hari raya Idul Fitri.

“Seperti diceritakan Aisyah: Abu Bakar masuk setelah aku dan ada dua gadis Ansar bersamaku sedang bernyanyi tentang Hari Bu’ath. Aisyah berkata, “Mereka bukan penyanyi.” Abu Bakar kemudian berkata, “Ada alat setan di rumah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam?” Saat itu adalah Idul Fitri dan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berkata, “Ya Abu Bakar, tiap orang punya festival dan ini adalah perayaan kita.”

Demikian kumpulan amalan sunnah yang bisa kita lakukan di hari raya Idul Fitri, semoga bisa menjadi penyemangat kita semua umat muslim untuk terus meraih keberkahan ditengah kebahagiaan hari raya kemenangan Idul Fitri.

sumber: https://smkmuh1wates.sch.id/7-amalan-sunnah-di-hari-raya-idul-fitri#