CategoriesAksi Bela Indonesia

TIPS SEDERHANA BERSAMA LAWAN CORONA

Di seluruh dunia, lebih dari 180 ribu jiwa dinyatakan positif virus corona, dan 134 jiwa diantaranya ada di Indonesia (data per 17 Maret 2020).

Angka kematian yang mencapai 7 ribu lebih jiwa, membuat sebagian masyarakat panik dan seringkali melakukan tindakan yang malah membuat keadaan semakin buruk.

Kaidah yang perlu kita pahami adalah: wajib waspada, tapi tidak boleh panik berlebih.

Nah, berikut kami sajikan beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan sehari-hari, untuk melawan virus corona:

Jangan Sentuh Wajah, Hidung, Mulut, Mata, dengan Tangan
Seperti kita tahu, salah satu penyebaran virus corona yang sangat cepat adalah melalui tangan. Mulai dari jabat tangan, makan, membuka pintu, memegang smartphone, memegang tuas di trasnportasi umum, memegang uang dan beragam kegiatan lain yang menggunakan tangan. Semua potensi penyebaran virus itu, akan semakin berbahaya ketika kita kemudian memegang wajah dengan tangan kita! Virus bisa mudah masuk melalui mulut, hidung dan pintu masuk lainnya ke dalam tubuh. Jauhi tanganmu dari wajah ya!

Jangan Berbagi Alat Makan, Gelas, Sajadah dan Barang Lainnya
Saling pinjam-meminjam alat makan sama halnya seperti kita sedang mentransfer kuman, bakteri atau virus antara kita dengan orang lain. Begitu pun dengan sajadah, dimana mungkin salah seorang jamaah batuk atau bersin di sajadah tersebut, lalu dipakai lagi sajdahnya oleh orang lain. Bahaya! Hindari dahulu ya saling pinjam-meminjam barang!

Sering-Sering Cuci Tangan dengan Sabun
Ya, kita paham bahwa tangan bisa jadi media penyebaran paling cepat untuk virus masuk ke tubuh. Maka itu, sering-sering cuci tangan menjadi penting, apalagi kalau tangan kita sering tak tahan untuk menyentuh-nyentuh wajah. Bahkan, bila ada, pakai juga hand sanitizer beberapa jam sekali untuk ikhtiar membunuh virus-virus tersebut.

Kurangi Intensitas Memegang Smartphone
Waw, berjam-jam kita bisa memegang smartphone dalam sehari. Dan, handphone adalah salah satu barang paling kotor yang ada di hidup kita. Kenapa? karena tangan kita sangat sering memegangnya, dalam banyak kondisi. Untuk itu, mengurangi penggunaan smartphone menjadi salah satu langkah cerdas untuk melawan virus corona menyebar dengan cepat.

Hindari Orang yang Batuk-Batuk, Bersin atau Sakit
Kita tidak pernah tahu, apakah Ia hanya sakit biasa atau terjangkit corona, maka itu menjauhinya adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan. Cukup kirimkan doa baginya agar segera sembuh tanpa harus sering-sering berada di dekatnya. Menjauhlah dengan sopan ya, sahabat!

Ayo Hidup Sehat!
Salah satu hal yang membuat corona tidak berdaya adalah bila imun tubuh kita kuat. Maka, ayo hidup sehat! Kamu bisa memulai dengan rutin konsumsi sayur, buah dan makanan bergizi tinggi. Lalu, lengkapilah dengan olahraga. Lebih bagus lagi jika kamu sering terpapar matahari pagi yang sangat baik bagi kesehatan. Yuk, bismillah!

Istirahat yang Cukup
Sebanyak-banyaknya kerjaanmu, tetap sisihkan waktu untuk istirahat ya! Istirahat yang cukup membuat imun tubuhmu lebih kuat. Jangan begadang, jangan porsir pekerjaan. Ingat, kesehatanmu lebih penting daripada sekadar mencari uang!

Jaga Kebersihan Lingkungan
Selain menjaga kebersihan diri, jangan lupa juga untuk rutin mencuci dan membersihkan lingkungan sekitar kita. Cuci baju, lap meja, semprotkan cairan disinfektan, menyapu, pel dan buanglah sampah dengan rapi. Insyaa Allah, lingkungan sehat, kita pun sehat.

Tidak Merokok!
Untukmu sahabat, ayo berhenti merokok. Penelitian menyebutkan, bahwa perokok lebih mudah terpapar virus corona loh! Paru-paru mu akan lebih mudah rusak dan sakit! Maka, ayo bismillah, kurangi merokok ya, demi kesehatanmu loh!

Nah, sahabat sekian tips sederhana yang sangat bisa kamu lakukan pada dirimu atau lingkunganmu masing-masing.

Jangan lupa untuk merutinkan komponen utama kesembuhan, yaitu DZIKIR dan DOA kepada ALLAH Yang Maha Menyembuhkan.

Lalu, lengkapi dengan sedekah, karena sedekah bisa menolak bala, atas izin Allah. Kamu bisa bersedekah secara online melalui:

https://indonesiadermawan.id/BersamaLawanCorona

Bila dirasa bermanfaat, bagikan pesan ini kepada keluarga dan sahabatmu ya! Stay Safe sahabat dermawan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *