CategoriesUncategorized

Yuk Bersama Menjaga Bumi Tercinta, Agar Terhindar dari Banjir yang Melanda

Sahabat Dermawan, masih teringat banjir bandang serta tanah longsor yang menerjang di beberapa wilayah Indonesia, yang mengakibatkan sebagian besar rumah warga terendam bahkan hancur dan rusak. Tidak hanya itu, puluhan jiwa meregang nyawa, dan ratusan ribu jiwa mengungsi.

Mungkin kita tidak tahu kapan datangnya banjir, tetapi yang bisa kita lakukan adalah mencegah terjadinya banjir dan menanggulangi bencana banjir. Karena banjir merupakan salah satu bencana yang bisa menimbulkan banyak kerugian loh. Oleh sebab itu, Yuk kita sebagai masyarakat yang memiliki tugas untuk menjaga bumi tercinta yang diberikan Allah, kita jaga bersama bumi ini agar terhindar dari musibah banjir.

Sahabat, Sudah seharusnya kita memiliki serta meningkatkan kesadaran akan bencana banjir, dengan peduli terhadap lingkungan sekitar. Karena banjir sering terjadi akibat masalah sepele loh, seperti membuang sampah sembarangan hingga menimbulkan penyumbatan. Lalu langkah apa yang bisa diambil bersama untuk menanggulangi banjir?

Yang utama adalah menjaga lingkungan sungai atau selokan, karena sungai wajib dipelihara tidak hanya oleh pemerintah saja, tetapi kita juga harus memiliki peran untuk menjaga serta memelihara sungai yang berada dekat di lingkungan kita. Nah, adapun hal baik yang harus kita lakukan juga, secara bersama-sama untuk mencegah terjadinya banjir, sebagai berikut :

  • Jangan Membuang Sampah ke Selokan dan Sungai.

Sahabat, seharusnya kita lebih bijak dengan sampah yang kita hasilkan. Jika memungkinkan seharusnya kita dapat memilah sampah agar sesuai dengan residu nya. Agar sampah yang dihasilkan dapat didaur ulang. Sehingga tidak dibuang ke lautan serta menyumbat selokan.

  • Hindari Membuat Bangunan di Pinggiran Sungai.

Ada baiknya pinggiran sungai jangan di jadikan rumah penduduk karena menyebabkan banjir dan tata kota tidak teratur serta berpotensi membahayakan pemilik rumah saat debit air sungai melonjak.

  • Melaksanakan Program Tebang Pilih dan Reboisasi.

Pohon yang telah ditebang sebaiknya ada penggantinya. Menebang pohon yang telah berkayu kemudian di tanam kembali tunas pohon yang baru. Hal ini ditujukan untuk regenerasi hutan dengan tujuan hutan tidak menjadi gundul.

  • Pengolahan Volume Sampah yang Tepat Guna.

Hal ini juga bisa membantu mencegah terjadinya banjir loh, yaitu dengan mengurangi penggunaan pelastik sebagai tempat atau wadah belanjaan kamu. Sudah seharusnya kamu memiliki tas belanja khusus agar dapat digunakan kembali. Serta pengolahan sampah untuk di daur ulang juga dapat mengurangi jumlah volume sampah yang menggunung.

  • Membuat Sumur Resapan Serta Biopori Air.

Agar air hujan lebih cepat meresap ke dalam tanah, ada baiknya kita membuat lahan sebagai sumur resapan air agar dapat terserap kedalam tanah. Hal ini dapat mengurangi resiko terjadinya banjir di lingkungan kita.

  • Rutin Memperbaiki dan Membersihkan Saluran Air.

Nah, sudah seharusnya kita rutinkan untuk menjaga saluran air agar dapat berfungsi normal. Di wilayah tertentu, biasanya masyarakat melakukannya secara gotong royong untuk membersihkan saluran air dapat berjalan lancar. Sehingga saat terjadi hujan deras, air tidak akan tersumbat dan mampu mencegah terjadinya banjir.

Mungkin itu adalah beberapa tips agar kita dapat menanggulangi terjadinya banjir nih sahabat. Yuk dimulai dari diri kita dan lingkungan sekitar kita sendiri. Agar banjir yang datang dapat terhindarkan. Semoga Tips di atas dapat bermanfaat bagi Sahabat Dermawan. Tidak ada salahnya kita menjaga lingkungan kita agar musibah banjir tidak melanda.

*Diolah dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *