contoh menghitung zakat penghasilan
CategoriesUncategorized

Cara Menghitung Zakat Penghasilan Beserta Contoh Perhitungannya

Bagi setiap umat islam, diwajibkan untuk membayar zakat. Salah satu dari kewajiban berzakat yaitu zakat penghasilan. Berikut adalah cara menghitung zakat penghasilan lengkap dengan dalilnya.

Kewajiban membayar zakat penghasilan salah satunya seperti Allah jelaskan dalam firman-Nya, “Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.” 

Kewajiban menunaikan zakat juga terdapat pada sebuah hadist, Rasulullah shallahualaihiwassalam bersabda, “Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berkah untuk diibadahi kecuali Allah, dan Muhammad adalah Rasulullah, mendirikan shalat, menunaikan zakat. Jika mereka telah melakukan hal itu, akan terjagalah darah-darah dan harta-harta mereka dariku, kecuali dengan hak Islam, sedangkan perhitungan mereka diserahkan kepada Allah.”

(HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 25 dan Muslim, no. 21]

Syarat Wajib Zakat Penghasilan

syarat wajib zakat penghasilan

Dalam berzakat ada yang disebut syarat wajib zakat penghasilan. apa sajakah yang termasuk didalamnya?

1. Islam

Zakat disebut hanya berasal dari kaum muslimin, tidak diterima atau tidak berasal dari kaum non muslim.

2. Merdeka

Zakat hanya memiliki sifat wajib kepada pemilik harta. Tidak dibebankan kepada seorang hamba sahaya, karena harta yang dimilikinya adalah harta majikan atau tuannya.

3. Nishab 

Nishab adalah ukuran minimal yang ditetapkan sesuai syariat untuk dikenai kewajiban zakat. Memiliki perbedaan tergantung dengan jenis harta yang dikenai kewajiban zakat.

4. Secara Penuh Memiliki Harta 

Memiliki makna bahwa harta tersebut dimiliki secara penuh oleh seseorang. Tidak ada hak orang lain didalam harta yang dikenai kewajiban itu.

5. Memiliki Harta Sudah Setahun 

Tidak ada kewajiban zakat pada harta yang kepemilikannya belum selama 12 bulan. Tetapi sebaliknya, jika harta sudah sampai kepemilikannya berlalu 12 bulan, maka wajib mengeluarkan zakat dari harta yang dimilikinya.

6. Tidak Memiliki Hutang

seseorang yang diwajibkan menunaikan zakat adalah yang tidak memiliki hutang. Jika masih menanggung hutang, maka diwajibkan untuk melunasi terlebih dahulu. 

Contoh Cara Menghitung Zakat Penghasilan

zakat penghasilan

Zakat pendapatan merupakan bagian dari zakat maal yang wajib dikeluarkan atas harta yang berasal dari pendapatan / penghasilan dari pekerjaan yang dimilikinya. 

Berdasarkan fatwa MUI, penghasilan yang dimaksud adalah pendapatan seperti gaji, honor, upah, jasa. Beberapa bidang penghasilan yang wajib zakat dijelaskan Majelis Ulama Indonesia, yang memiliki pendapatan rutin seperti karyawan swasta, pegawai, pejabat negara / PNS, maupun pendapatan tidak rutin seperti dokter, pengacara, konsultan, notaris, dan lainnya.

Seperti dikutip di laman baznas.go.id, zakat penghasilan bisa ditunaikan dengan nishab perbulannya, yaitu setara dengan nilai seperduabelas dari 85 gram emas, dengan kadar 2,5% dari penghasilan seseorang. 

Zakat Penghasilan dengan perhitungan 2,5% dari penghasilan

Jika harga emas pada hari ini Rp 935.000/gram, maka nishab zakat penghasilan dalam satu tahun adalah Rp. 79.475.000. 

Penghasilan Bapak A sebesar Rp. 15.000.000 / bulan, atau jika diakumulasi dalam setahun menjadi Rp.180.000.000.  Karena jumlahnya sudah mencapai minimal nishab zakat penghasilan, maka Bapak A wajib membayar zakat. 

Dari jumlah penghasilan diatas, jumlah zakat yang harus dikeluarkan apabila memiliki penghasilan Rp. 15.000.000 /bulan atau Rp.180.000.000 /tahun adalah: 2,5% x Rp. 15.000.000 = Rp. 375.000 /bulan. Atau jika ingin dibayar langsung 12 bulan sebesar Rp. 4.500.000

Lembaga Tepercaya Menunaikan Zakat Penghasilan 

Indonesia Dermawan

Ada banyak lembaga tepercaya yang bisa menjadi tempat kita menunaikan zakat penghasilan. Penting untuk menentukan zakat penghasilan sebaiknya diberikan kepada siapa atau lembaga apa. 

Indonesia Dermawan merupakan sebuah platform sedekah online dari ACT. Menjadi platform / situs penggalangan dana / tempat menunaikan zakat dengan semudah sentuhan jari. Indonesia dermawan sudah menjadi salah satu platform donasi online yang tepercaya di Indonesia.

Berbagai program dihadirkan untuk membantu yang membutuhkan. Tidak hanya di indonesia, Program Indonesia dermawan juga menjangkau berbagai belahan dunia, seperti Palestina dengan program sumur wakaf gaza, wakaf quran afrika, dan lain-lain.

Berbagai metode pembayaran transaksi sedekah juga membuat semakin mudahnya anda menyalurkan sedekah / donasi. Antara lain melaui Virtual Account bermacam bank, melalui e-wallet seperti gopay, ovo.