Doa Niat Qurban dan Waktu yang Tepat untuk Membacanya

Ada berbagai hal seperti syarat dan rukun yang harus diketahui agar ibadah qurban ini bisa dilakukan dengan baik dan mendapat pahala serta berkah dari ibadah tersebut. Diantara berbagai hal yang berkaitan dengan ibadah qurban, niat qurban menjadi salah satu hal yang juga perlu dipelajari.

Ibadah qurban merupakan ibadah yang dilakukan satu kali dalam satu tahun. Meski ibadah qurban ini baru bisa dilakukan oleh kalangan tertentu, namun berbagai hal yang berkaitan dengan ibadah qurban tetap harus dikenal dan dipahami dengan benar.

Doa niat Qurban

Setiap ibadah dalam agama Islam selalu diawali dengan niat, begitupun dengan ibadah qurban. Ibadah yang dilakukan satu hari setelah puasa Arafah ini memiliki posisi yang cukup penting di hati umat muslim.

Qurban sendiri merupakan ibadah yang diperintahkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala melalui berbagai firman-Nya salah satunya adalah Q.S. Al-Kautsar : 2. Tentu setiap ibadah yang dianjurkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala mengandung pahala tersendiri sehingga sangat penting untuk memperhatikan bahwa setiap amalan dalam ibadah tersebut dilakukan dengan menyebut nama Allah subhanahu wa ta’ala dan membaca do’a di setiap langkahnya.

Meski memiliki pahala yang melimpah, namun ibadah qurban juga tentu bisa jadi tidak berkah dan tidak sah jika pelaksanaannya tidak sesuai ketentuan. Diantara berbagai ketentuan yang mengiringi ibadah ini, membaca niat menjadi langkah paling awal yang tidak boleh di lewatkan.

Adapun bacaan niat ibadah qurban yang harus dibaca di antaranya :

Nawaitu al-udhiyata bi syaatin lillahi ta’ala

Artinya : “Saya niat berqurban untuk diri sendiri karena Allah ta’ala.”

Tujuan pembacaan niat ibadah qurban ini pada dasarnya sama dengan niat ibadah lain yaitu berharap mendapat keberkahan, pahala, dan kelancaran hidup dari amalan yang dilakukan. Pembacaan niat sebelum melakukan ibadah ini juga telah dipaparkan dalam berbagai ayat Al-Qur’an maupun hadits, salah satunya ada pada hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

Dalam hadits tersebut disebutkan bahwa “Sesungguhnya amal perbuatan seseorang hanyalah dengan niat, dan setiap orang hanya akan memperoleh apa yang dia niatkan”. Semakin baik niat ibadah yang dibaca setiap sahabat dermawan akan beribadah, maka tentu semakin berkah dan banyak pahala yang akan diperoleh dari ibadah tersebut. Sebaliknya, sebuah ibadah bisa jadi sia-sia jika tidak diawali dengan niat yang baik.

Waktu yang tepat untuk membacanya

Setelah mengetahui niat yang harus dibaca saat hendak melakukan ibadah qurban, tentu sahabat dermawan juga perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membaca niat tersebut. Niat qurban sendiri dibaca oleh umat islam yang akan berqurban, artinya ia akan membeli hewan qurban lalu mengqurbankan hewan tersebut atas nama dirinya sendiri.

Secara sederhana, niat berqurban sendiri bisa sahabat dermawan ucapkan dalam hati saat menyisihkan uang untuk membeli hewan qurban tersebut. Namun tentu niat ibadah akan terasa lebih afdhol saat niat tersebut juga di ucapkan secara lisan. Niat secara lisan ini bisa sahabat dermawan menyerahkan hewan qurban yang telah dibeli pada panitia qurban tempat sahabat akan berqurban.

Setelah menyerahkan hewan qurban pada panitia qurban sembari membaca niat, ibadah qurban yang sahabat dermawan lakukan akan lebih sah secara syariat Islam. Namun tentu tidak berhenti sampai situ saja, sahabat juga dianjurkan untuk menyaksikan proses penyembelihan hewan qurban yang bersangkutan sembari membaca do’a sebelum penyembelihan hewan qurban dilakukan.

Bukan hanya perkara niat, ada berbagai hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam proses ibadah qurban yang akan dilakukan seperti proses pemilihan hewan qurban. Pastikan sahabat dermawan juga telah memahami berbagai hal berkaitan dengan pemilihan hewan qurban agar ibadah qurban yang dilakukan sah dan mendapat pahala.

Jangan sampai sahabat dermawan hanya melakukan ibadah qurban namun tidak mengikuti langkah dan rukun yang tepat. Menambah ilmu tentang berbagai tata cara ibadah beserta doa yang baik tentu akan membuat ibadah yang dilakukan lebih maksimal.

Dengan memahami niat qurban beserta seluruh langkah dalam ibadah qurban, ibadah ini bisa menjadi penyelamat sahabat dermawan di akhirat kelak. Ibadah yang diiringi dengan niat dan do’a akan memberikan keberkahan bagi seluruh umat muslim.

%d blogger menyukai ini: