Kapan Hari Raya Idul Adha 2022? Cek Selengkapnya Disini

Tanpa terasa waktu kian mendekati Idul Adha, Hari kebesaran umat Islam yang sering disebut sebagai lebaran haji ini selalu diadakan setiap tahun yang juga diikuti dengan Idul Qurban. Pada perayaan tersebut, orang yang sudah mampu dan memenuhi syarat dianjurkan untuk berqurban. Lalu kapan Hari Raya Idul Adha 2022? Berikut penjelasannya.

Kapan Hari Raya Idul Adha dalam kalender Islam?

Pada saat Nabi Ibrahim alaihissalam mendapat wahyu untuk mengorbankan anaknya, yakni Nabi Ismail alaihissalam, kisah itu terjadi pada tanggal 8 Dzulhijjah. Namun pelaksanaan qurbannya berbeda dua hari setelah mendapat wahyu tersebut, yaitu pada tanggal 10 Dzulhijjah. Tanggal inilah yang menjadi landasan kapan hari raya Idul Adha dalam kalender Islam.

Kapan Hari Raya Idul Adha 2022?

Dua tahun sebelumnya, ketika angka terpapar pandemi sedang tinggi, merayakan Hari Raya Idul Adha penuh dengan pembatasan. Namun pada Hari Raya Idul Qurban 2022 ini sudah lebih dilonggarkan dalam pelaksanaan ibadahnya. Di Indonesia sendiri terdapat perhitungan tanggal yang biasanya ditentukan dengan sidang isbat.

Salah satu organisasi Islam di Indonesia, Muhammadiyah, memiliki perbedaan antara penentuan tanggal dengan pemerintah. Perbedaan tersebut terletak pada perhitungan hilal. Muhammadiyah menggunakan perhitungan hilal dengan kondisi bulan dan matahari. Sedangkan pemerintah menggunakan perhitungan hilal dengan kriteria MABIMS yang dihitung dari elongasi (jarak sudut antara bulan ke matahari) minimal 6,4 derajat serta fisis gangguan cahaya syafak (cahaya senja) dengan parameter ketinggian minimal 3 derajat.

Walaupun keduanya berbeda sedikit, namun umat Islam terutama di Indonesia dihimbau untuk menghormati hasil keputusan perhitungan hilal tersebut.

Pemimpin Pusat Muhammadiyah telah menetapkan tanggal Hari Raya yang biasa disebut lebaran haji ini pada tanggal 10 Dzulhijjah 1443 H pada kalender Islam. Sedangkan di kalender masehi bertepatan pada hari Sabtu tanggal 9 Juli 2022. Hal ini sesuai Keputusan Bersama Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1443 H.

Penentuan Lebaran Haji di Indonesia

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, penetapan Hari Raya Idul Adha dan lebaran haji di Indonesia ditentukan oleh sidang isbat. Sidang ini dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Peradilan Agma serta Ormas. Penentuan ini biasanya disiarkan melalui media social Kemenag serta siaran TV pemerintah seperti TVRI dan RRI.

Sampai saat ini belum ada pengumuman resmi dari pemerintah tentang penetapan tanggal Hari Raya Idul Adha tahun 2022 ini. Kementerian Agama (Kemenag) menghimbau umat Islam untuk tetap menunggu sidang isbat.

Adapun sidang isbat Hari Raya Idul Adha tahun 2022 ini akan diselenggarakan tanggal 29 Zulkaidah atau bertepatan pada hari Rabu, 29 Juni 2022.

Itulah penjelasan tentang kapan Hari Raya Idul Adha 2022. Jika kamu berencana berqurban, cek kemudahan qurban online di Indonesia Dermawan.

%d blogger menyukai ini: