Kapan Puasa Muharram Tahun 2022 Dilaksanakan? Ini Penjelasannya

Bulan Muharram menjadi salah satu bulan yang spesial dalam kalender Hijriyah. Bulan ini merupakan bulan pertama yang ada pada kalender sehingga menjadi bulan yang cukup spesial. Jika membahas mengenai bulan Muharram, sering muncul pertanyaan mengenai kapan puasa Muharram?

Dalam satu tahun Hijriyah ada cukup banyak waktu dimana umat muslim dapat melaksanakan puasa sunnah. Setiap puasa sunnah memberikan manfaat dan pahala yang besar bagi orang-orang yang melaksanakannya.

Amalan puasa sunnah di bulan Muharram

Setiap bulan dalam kalender Hijriyah memiliki tanggal-tanggal tertentu yang disunnahkan untuk berpuasa. Bukan tanpa alasan, tentu ada berbagai keutamaan dan hikmah yang bisa diperoleh jika melaksanakan amalan puasa sunnah tersebut.

Dalam agama Islam terdapat beberapa ibadah puasa sunnah yang bisa dilakukan setiap bulan seperti puasa senin dan kamis serta puasa ayyamul bidh atau pertengahan bulan. Selain amalan tersebut, ada dua amalan puasa sunnah yang hanya bisa dilakukan pada bulan Muharram yaitu puasa Tasu’a dan Asyura.

Jika puasa ayyamul bidh dilaksanakan pada tanggal 13,14, dan 15 setiap bulan Hijriyah, lantas kapan puasa Muharram Tasu’a dan Asyura dilaksanakan ? Sesuai namanya, puasa Tasu’a dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram sedangkan puasa Asyura dilaksanakan pada tanggal 10.

Dengan tanggal pelaksanaan yang berdampingan, tentu ibadah sunnah ini bisa lebih mudah dikerjakan sekaligus. Pelaksanaan puasa ini juga bisa dilakukan berdampingan dengan puasa sunnah lainnya sehingga manfaat dan hikmah yang dimilikinya dapat dirasakan dengan maksimal.

Keutamaan puasa sunnah di bulan Muharram

Setiap ibadah baik ibadah wajib maupun sunnah tentu mengandung manfaat, hikmah, serta keutamaan bagi para pelaksananya. Ibadah puasa sunnah di bulan Muharram juga memiliki keutamaan tersendiri yang sangat bermanfaat dalam kehidupan umat muslim.

Puasa Asyura memiliki keutamaan dapat dosa satu tahun ke belakang. Namun tentu keutamaan ini hanya bisa diperoleh jika puasa tersebut dilakukan dengan ikhlas karena Allah subhanahu wa ta’ala. Hanya puasa yang diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala yang bisa mendatangkan keutamaan ini, sehingga alangkah baiknya jika amalan ini dilakukan dengan ikhlas dan hanya mengharap ridho Allah subhanahu wa ta’ala.

Puasa Tasu’a sendiri merupakan amalan puasa yang dianjurkan untuk melengkapi amalan puasa Asyura. Puasa Tasu’a yang mendampingi puasa Asyura ini juga dinilai menjadi salah satu pembeda umat muslim dengan kaum yahudi yang sama-sama melaksanakan puasa pada hari Asyura.

Kapan puasa Muharram? Ini waktunya

Pada tahun 2022, terdapat perbedaan perhitungan tahun baru Hijriyah 1444 H karena adanya perbedaan hari raya Idul Adha atau tanggal 10 Dzulhijjah 1443 H. Dalam kalender masehi yang beredar, tahun baru Hijriyah atau tanggal 1 Muharram bertepatan dengan tanggal 30 Juli 2022.

Jika tanggal 1 Muharram jatuh pada 30 Juli 2022, maka berarti puasa Asyura dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2022 bertepatan dengan tanggal 10 Muharram. Bukan hanya puasa Asyura, puasa Tasu’a juga bisa dilaksanakan sebelumnya yaitu tanggal 7 Agustus 2022 bertepatan dengan 9 Muharram. Tentu tanggal pelaksanaan kedua puasa sunnah ini tergantung pada perhitungan awal Muharram yang dipercayai.

Itulah beberapa informasi mengenai waktu pelaksanaan puasa Muharram di tahun 2022. Beberapa penjelasan diatas bukan hanya menjawab pertanyaan mengenai pelaksanaannya ditahun ini, namun juga dapat menambah ilmu berkaitan dengan puasa sunnah yang jatuh di Agustus tahun ini. Semakin dalam ilmu yang dimiliki, maka semakin khusyuk ibadah yang akan dilakukan.

Bulan Muharram merupakan bulan yang spesial dan bulan yang di muliakan hingga dijuluki sebagai syahrulloh atau bulan milik Allah. Melaksanakan berbagai amalan selama bulan Muharram bisa semakin mendekatkan diri kita ke jalan Allah subhanahu wa ta’ala hingga menambah berat amal kebaikan untuk bekal di akhirat kelak.

%d blogger menyukai ini: