10 Keutamaan Shalat Dhuha dan Dalil yang Mendukungnya

Shalat dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang disukai oleh Allah. Bahkan ada riwayat yang mengatakan bahwa Rasulullah gemar melakukan shalat dhuha sepanjang hidupnya. Tak heran, ada banyak keutamaan sholat dhuha, yang membuatnya sayang jika dilewatkan begitu saja.

Berikut ini merupakan keutamaan yang akan kamu dapatkan jika gemar melakukan Shalat dhuha. Selain sebagai media untuk mendekatkan diri kepada Allah, shalat dhuha juga bisa sebagai sedekah terbaik dan media untuk mendekatkan rezeki.

Berikut ini keutamaan shalat dhuha:

Sholat dhuha merupakan sedekah terbaik

Shalat dhuha dianggap merupakan shalat dengan nilai sedekah yang besar. Ini sebagaimana hadis Nabi, yang mengatakan bahwa:

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat.”

Memberi kecukupan rezeki

Pernyataan tersebut berdasarkan hadis dari at-Tirmidzi, bahwa Allah akan mencukupkan kebutuhan rezeki seorang muslim hingga sore hari jika ia melakukan Shalat dhuha empat rekaat di pagi hari. Melakukan shalat dhuha menjadi salah satu bentuk ikhtiar manusia untuk mendapatkan rezeki yang berkah.

Memiliki pahala sebagaimana haji dan umroh

Mendapatkan pahala sebagaimana orang yang haji atau umroh dengan Shalat dhuha memungkinkan untuk kamu lakukan. Caranya dengan melakukan shalat dhuha pada bulan Ramadhan, bulan dimana pahala dilipat gandakan. Hal ini berdasarkan hadis Nabi yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi.

Waktu yang tepat untuk mohon ampun

Keutamaan shalat dhuha lainnya adalah mendapatkan ampunan dari Allah atas dosa yang sudah kamu lakukan. Meski dosa manusia sebanyak buih di lautan, namun jika sungguh-sungguh bertobat, maka ia tetap akan terampuni. Ini sebagaimana hadis riwayat at-Trimidzi, yang artinya:

Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan.” (HR. Tirmidzi)

Ladang untuk memperoleh banyak keuntungan

Dengan melakukan Shalat dhuha, maka seseorang akan mendapatkan lebih banyak keuntungan. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah untuk para sahabat. Bahwa mereka yang melakukan Shalat dhuha di masjid, akan mendapatkan lebih banyak pahala, harta rampasan perang atau ghanimah, dan paling dekat jarak tempat berperangnya sebagaimana para mujahid, sehingga mempercepatnya untuk kembali pulang.

Sholat dhuha merupakan waktu paling ijabah untuk berdoa

Waktu dhuha adalah waktu dimana para malaikat turun ke bumi untuk melihat bagaimana orang mukmin beribadah. Jika dalam waktu tersebut seseorang melakukan Shalat dhuha dan berdoa, ada kemungkinan doanya akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah.

Terhindar dari keburukan

Seseorang yang gemar melakukan ibadah, terutama Shalat dhuha, akan dijauhkan oleh Allah dari berbagai keburukan. Kamu bisa mengerjakan shalat dhuha di waktu yang dianjurkan, misalnya bulan Ramadhan. Hal ini sebagaimana hadis riwayat dari at-Thabrani, yang artinya:

“Barangsiapa yang Shalat dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

Tubuh yang lebih sehat

Keutamaan sholat dhuha selanjutnya adalah menyehatkan tubuh, tak hanya tubuh fisik atau jasmani, namun juga tubuh rohani. Shalat di pagi hari bisa membuat peredaran darah menjadi lancar sekaligus membuat udara segar masuk ke dalam tubuh lewat saluran pernapasan. Dengan tubuh yang sehat, tentu kamu bisa lebih semangat beraktifitas.

Wajah yang lebih bercahaya

Wajah bisa lebih cerah dengan rutin melakukan Shalat dhuha. Ini karena wajah akan lebih bersih setelah berwudhu. Hati pun jadi lebih tenang karena bisa makin dekat dengan Allah. Ini tentunya bisa mengurangi kemungkinan terjadinya stress, sehingga wajah jadi lebih berseri dan nampak ceria.

Dibuatkan pintu khusus di surga

Umat muslim yang gemar melakukan ibadah Shalat dhuha akan dibuatkan pintu khusus di surga. Pintu ini hanya bisa dilalui oleh mereka yang mengerjakan Shalat dengan ikhlas dan mengharap ridho Allah. Pernyataan ini diperkuat dengan hadis shahih dari at-Thabari, yang artinya:

Sesungguhnya disurga ada salah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memanggil, mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah.” (HR.Thabrani).

Itu dia keutamaan sholat dhuha yang akan kamu dapatkan dengan rutin melakukannya. Shalat dhuha tak harus banyak rakaatnya, untuk membiasakan, kamu bisa shalat dua rakaat tiap pagi. Jika sudah rutin dan mudah, kamu bisa menambahnya menjadi empat rakaat. Jumlah rakaat ini lebih dianjurkan untuk dilakukan.

%d blogger menyukai ini: