doa untuk orang sakit
CategoriesUncategorized

Kumpulan Doa Untuk Orang Sakit Agar Cepat Sembuh Sesuai Sunnah

Sakit adalah suatu cobaan atau ujian yang Allah SWT berikan kepada manusia. Ujian yang diberikan kepada manusia bermacam jenisnya, ada yang berupa sesuatu yang disukai dan ada pula sesuatu yang tidak disukai oleh manusia. Mengirimkan doa untuk kesembuhan orang yang sakit merupakan salah satu hal yang disunnahkan oleh Rasulullah saw.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman yang artinya, “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan mengujimu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.” (QS. al-Anbiyaa’: 35).

Dari firman Allah diatas, kita sebagai hambanya bisa mengetahui bahwa penyakit yang diberikan kepada kita merupakan bagian dari cobaan atau ujian dari Allah. Sebagai seorang Muslim, penting untuk mengirimkan doa kepada keluarga atau kerabat yang sedang jatuh sakit agar insyaAllah bisa mempercepat kesembuhannya. Berikut ini adalah 6 kumpulan doa untuk orang sakit.

Doa ketika menjenguk orang sakit

Ketika kita menjenguk orang sakit, maka doakanlah kesembuhan baginya. Ini merupakan adab yang paling utama ketika menjenguk orang yang sakit. Berikut doa yang bisa kita panjatkan saat menjenguk orang sakit.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman.

Artinya:

“Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.” (HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191)

Doa untuk orang sakit yang dibaca Rasulullah saw ketika ada sahabat yang sakit

Ketika menjenguk orang sakit banyak doa yang bisa kita panjatkan, salah satunya adalah doa yang Rasulullah saw baca saat menjenguk sahabatnya Salman Al-Farisi RA Sebagaimana yang diriwayatkan Ibnu Sunni:

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

“Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.”

Artinya:

“Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

Doa Ketika Orangtua jatuh sakit

Tidak ada orang yang ingin mendapat ujian atau cobaan berupa penyakit. Namun jika Qadarullah hal itu terjadi kita harus menerimanya dengan sabar dan ikhlas. Begitupun jika orang tua jatuh sakit, yang harus kita lakukan salah satunya adalah mendoakannya. Berikut doa yang bisa kita panjatkan saat orang tua jatuh sakit.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

“Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba’sa Wasy Fihu, Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syfaauka, Syifaan Laa Yughaadiru Saqaama.”

Artinya:

“Ya Allah, Rabb manusia, hilangkan penyakit dan berikan dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Doa Ketika Anak Sakit

Tidak ada orang tua yang tega melihat anak sakit. Selain berikhtiar untuk memberikan pengobatan hal penting yang tidak boleh dilewatkan yaitu berdoa. Berikut doa untuk kesembuhan anak yang bisa orang tua panjatkan. 

بِسْمِ اللَّهِ الْكَبِيرِ أَعُوذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ مِنْ شَرِّ كُلِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَّارِ

“Bismillaahil Kabiiri. Nauudzu Billaahil Adhiimi Mm Syarri Irqin Na aarin Wa Min Syarri Harrin Naari.”

Artinya:

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan nama Allah Yang Maha Besar. Saya berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari kejahatan keringat yang mendidihkan darah dan dan kejahatan panas api neraka.”

Doa untuk mengobati ketika merasa tubuh ada yang sakit

Bila didalam tubuh kita merasa tidak sehat, ada beberapa ikhtiar yang bisa dilakukan selain pengobatan medis.  Salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan yaitu dengan doa untuk kesembuhan dari penyakit seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad saw yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

بِسْمِ اللَّهِ

“Bismillah (3x). 

أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir (7x)”

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai.” (HR. Muslim)

Doa Saat Menjenguk Orang Sakit (dianjurkan membaca 7 kali)

Rasulullah juga menganjurkan ketika menjenguk orang sakit kita dapat membaca doa berikut sebanyak 7 kali.

أَسْأَلُ الله الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As alullaahal ‘azhiim rabbal ‘arsyil ‘azhiim an yashfiyaka.

Ibnu Abbas menyatakan Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mengunjungi orang sakit yang belum datang ajalnya kemudian ia mengucapkan (doa) di sebelahnya sebanyak tujuh kali: As alullaahal ‘azhiim rabbal ‘arsyil ‘azhiim an yashfiyaka, maka Allah akan menyembuhkannya dari penyakit tersebut” (HR. Abu Daud).

Selain dengan doa, maka obatilah dengan ikhtiar sedekah saat sakit. Inilah resep andalan dari Rasulullah.

“Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah, bentengilah harta kalian dengan zakat, dan siapkanlah doa untuk menghadapi musibah”.ㅤ

Itulah pesan dari Rasulullah ﷺ kepada kita. Sebuah ‘tips’ untuk menghadapi berbagai kondisi agar Allah mudahkan urusannya bagi kita.

Dengan  berharap ridho Allah, mari keluarkan sebagian hartamu untuk membantu orang lain, maka Allah akan memudahkan dan membantu urusanmu, termasuk mengangkat penyakitmu, insyaAllah.

Demikian adalah kumpulan ucapan doa yang dicontohkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Disaat pandemi seperti sekarang, ketika menjenguk kerabat atau keluarga tidak memungkinkan, mengirimkan doa terbaik bisa membantu mempercepat kesembuhan. 

Mari kita doakan agar semua orang yang saat ini sedang diberikan ujian sakit agar bisa segera pulih dan kembali fit seperti sediakala. Dan untuk kita yang masih diberi kesehatan oleh Allah ta’ala, mari kita jaga kesehatan.