Kumpulan Hadist Tentang Sedekah Lengkap dengan Keutamaan Istimewanya

Pengertian sedekah adalah pemberian seorang kepada orang lain dengan sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi jumlah tertentu ataupun waktu. Sedekah merupakan amalan yang amat dianjurkan untuk rutin dilakukan. terlebih bila sedekah pagi, dilakukan di awal waktu sebelum kita melakukan aktivitas sehari-hari. terdapat beberapa hadist tentang sedekah.

Diriwayatkan dalam sebuah hadist, Rasulullah bersabda bahwa, “ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari). 

Kumpulan Hadist Tentang Sedekah yang Shahih

hadist sedekah pagi

Diriwayatkan dalam hadist Bukhari dan Muslim, Rasulullah Shallallahualaihiwasallam bersabda mengenai keutamaan sedekah bisa menjaga diri dari api neraka.

“Jagalah diri kalian dari neraka sekalipun hanya sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik.”

Keutamaan Sedekah diriwayatkan dalam hadist riwayat Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda memberi atau bersedekah lebih baik daripada yang meminta.

“Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Tangan di atas adalah yang memberi dan tangan di bawah adalah yang meminta.”

Telah menceritakan kepada kami Abu Hurairah radliallahu anhu berkata,: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahualaihiwasallam dan berkata,: “Wahai Rasulullah, shadaqah apakah yang paling besar pahalanya?”. Beliau menjawab: “Kamu bershadaqah ketika kamu dalam keadaan sehat dan kikir, takut menjadi faqir dan berangan-angan jadi orang kaya. Maka janganlah kamu menunda-nundanya hingga tiba ketika nyawamu berada di tenggorakanmu. Lalu kamu berkata, si fulan begini (punya ini) dan si fulan begini. Padahal harta itu milik si fulan”. (HR. Bukhari) [No. 1419 Fathul Bari] Shahih.

Telah menceritakan kepada kami Mabad bin Khalid berkata; Aku mendengar Haritsah bin Wahab berkata; Aku mendengar Nabi Shallallahualaihiwasallam bersabda: “Bershadaqalah, karena nanti akan datang kepada kalian suatu zaman yang ketika itu seseorang berkeliling dengan membawa shadaqahnya namun dia tidak mendapatkan seorangpun yang menerimanya. Lalu seseorang berkata,: “Seandainya kamu datang membawanya kemarin pasti aku akan terima. Adapun hari ini aku tidak membutuhkannya lagi”. (HR. Bukhari) [ No. 1411 Fathul Bari] Shahih.

Selain Hadist Tentang Sedekah, Berikut ini Beberapa Keutamaan Bersedekah Beserta Dalilnya

berkah sedekah

Banyak keutamaan sedekah antara lain, orang bersedekah berhak mendapat rahmat Allah (QS al-A’raf [7]: 56). Sedekah akan menjadi naungan di akhirat saat tidak ada naungan, kecuali naungan Allah.

Dalam surah  (QS at-Taubah [9]: 103), sedekah bertujuan untuk mensucikan harta dan diri agar menjadi penentram batin. 

1. Mencegah Kematian Buruk 

Orang yang gemar melakukan sedekah, akan dilindungi oleh Allah SWT dari kematian yang buruk (su’ul khotimah). Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW: 

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Sesungguhnya sedekah itu memadamkan murka Allah dan menolak mati jelek (su’ul khotimah).” (HR. Tirmidzi).

2. Peredam Murka Allah 

Bersedekah bagi seorang muslim, bukan hanya mendapatkan pahala berlipat, namun terhindarnya dari murka Allah menjadi salah satu keutamaannya.

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Sesungguhnya sedekah itu memadamkan murka Allah dan menolak mati jelek (su’ul khotimah).” (HR. Tirmidzi).

3. 70 Pintu Keburukan Ditutup 

Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa sedekah dapat menutup 70 pintu keburukan.

Rasulullah Shallallahualaihiwasallam bersabda : “Sedekah itu bisa menutup 70 pintu keburukan.” (HR. Thabrani).

4. Didoakan Malaikat 

Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah Shallallahualaihiwasallam bersabda: “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil) “. (HR. Bukhari) [No. 1442 Fathul Bari] Shahih.

5. Hadist Sedekah Menolak Bala

Orang yang suka bersedekah hidupnya insyaallah akan dijauhkan dari marabahaya dan dipanjangkan umurnya dalam artian hidupnya dipenuhi keberkahan.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Bersegeralah bersedekah, karena bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR Imam Baihaqi).

6. Menambah Kemuliaan dan Derajat

“Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.” (HR. Muslim)

7. Menjaga dari Siksa Api Neraka

Dari Adi bin Hatim mengatakan, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Jagalah diri kalian dari api neraka sekalipun hanya dengan sebiji kurma.” Kemudian beliau berpaling dan menyingkir, kemudian beliau bersabda lagi: “jagalah diri kalian dari neraka”, kemudian beliau berpaling dan menyingkir (tiga kali) hingga kami beranggapan bahwa beliau melihat neraka itu sendiri, selanjutnya beliau bersabda: “Jagalah diri kalian dari neraka sekalipun hanya dengan sebiji kurma, kalaulah tidak bisa, lakukanlah dengan ucapan yang baik.” (HR. Bukhari)

Demikian adalah beberapa hadist tentang sedekah. Semoga bisa menjadi informasi dan penyemangat kita dalam bersedekah dibulan ramadhan.

[adinserter name=”Block 15″]

 

source: 

-https://www.inews.id/lifestyle/muslim/hadits-tentang-sedekah/

-https://umma.id/channel/answer/post/apa-manfaat-bersedekah-498795

%d blogger menyukai ini: