CategoriesBencana Alam

Lebak, Bangun!

Hampir dua bulan sudah pasca banjir bandang menerjang 30 desa di Kabupaten Lebak, Banten. Hari ini, sebagian masyarakat yang menjadi korban ternyata masih mengungsi dengan kondisi yang memprihatinkan. Hampir sebagian besar harta benda mereka hanyut dan rusak.

Sebenarnya, seberapa parah dampak banjir bandang tersebut?

LUAS DAERAH

Banjir bandang yang menerjang Kabupaten Lebak tersebar di 46 titik yang berada di 30 desa dalam 6 kecamatan. Masyaa Allah, kamu bisa bayangkan betapa dahsyatnya sebuah peristiwa alam yang terjadi bersamaan di 6 kecamatan sekaligus!

Kecamatan yang terdampak meliputi; Sajira, Maja, Cimarga, Curug Bitung, Cipanas dan Cibeber.

BANGUNAN TERDAMPAK

Tim Aksi Cepat Tanggap mendata bahwa setidaknya ada sekitar tiga ribu rumah yang rusak bahkan ada pula yang hanyut terbawa air. Di samping itu, wilayah Lebak yang memiliki banyak pesantren pun harus menerima fakta bahwa 18 diantaranya mengalami kerusakan. Lalu, tak kalah penting jembatan sebagai penghubung antar wilayah pun turut mengalami kerusakan sebanyak 28 jembatan.

Sebuah kerusakan yang cukup masif dan butuh waktu untuk bangkit!

JIWA TERDAMPAK

Tim lapangan Aksi Cepat Tanggap juga mencatat bahwa ada sekitar 4.000 kepala keluarga atau sekitar 17.000 jiwa terpaksa mengungsi akibat bencana alam ini. Tercatat pula bahwa ada 10 jiwa meninggal dunia dan 67 orang luka-luka pada saat kejadian.

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun.

AKSI CEPAT TANGGAP

Alhamdulillah, sejak awal kejadian bencana; Tim Aksi Cepat Tanggap langsung terjun ke lapangan guna memberikan bantuan fase awal berupa aksi Search and Rescue (SAR) yang kemudian disusul dengan bantuan berupa makanan, pakaian, bahan-bahan pangan, alat kebersihan dan bantuan lain yang amat diperlukan kala kondisi pasca banjir.

Tim medis Aksi Cepat Tanggap pun turut mengawal pendampingan masyarakat terdampak guna memastikan kondisi mereka baik-baik saja dari segi kesehatan.

LEBAK BANGUN!

Bismillahirrahmanirrahim

Dengan memohon ridho Allah, Aksi Cepat Tanggap berikhtiar untuk melanjutkan aksi berikutnya, yaitu FASE RECOVERY.

Fase ini bertujuan untuk membantu penyintas bencana agar perlahan bangkit dan membangun kembali kehidupan mereka dari segi sosial, ekonomi, pendidikan dan lain-lain.

Insyaa Allah, Aksi Cepat Tanggap akan membangun Integrated Community Shelter (ICS) yang merupakan komplek hunian sementara yang memiliki fasilitas lengkap seperti MCK dan fasilitas lainnya.

Insyaa Allah, Aksi Cepat Tanggap juga akan berikhtiar membangun masjid guna memberi kenyamanan pada korban bencana agar senantiasa beribadah dengan nyaman di masa-masa sulitnya.

Insyaa Allah, Aksi Cepat Tanggap juga akan berikhtiar membangun sekolah-sekolah yang rusak akibat bencana agar pendidikan serta masa depan anak-anak kita senantiasa cerah dan penuh harapan.

Ayo ikut berkontribusi, sahabat dermawan!

Kamu bisa ikut bantu dengan klik tautan berikut ini:
https://indonesiadermawan.id/BangunLebakKembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *