Ini Perbedaan Infaq dan Sedekah yang Wajib Diketahui

Kata infaq dan sedekah begitu akrab di telinga, namun tak sedikit orang masih belum mengetahui perbedaan infaq dan sedekah yang merupakan salah satu jenis muamalah tersebut. Infaq dan sedekah bukanlah hal asing bagi umat Muslim. Bahkan keduanya dianjurkan dengan maksud saling membantu sesama, baik itu untuk umat Muslim yang lain, ataupun mereka yang non-muslim.

Tidak bisa dimungkiri bahwa kesejahteraan umat, terjalinnya persaudaraan, hingga terwujudnya toleransi juga bisa tercipta dari infaq dan sedekah. Sehingga infaq dan sedekah pun masuk ke dalam bentuk amal ibadah.

Namun meskipun memiliki tujuan yang kurang lebih sama, nyatanya terdapat perbedaan dari keduanya. Yuk, kenali apa saja perbedaan-perbedaan tersebut.

Apa yang dimaksud dengan Infaq?

Infaq atau infak berasal dari kata anfaqa-yunfuqu yang artinya membelanjakan harta di jalan Allah. Sementara jika menurut terminologi syariat, infaq berarti mengeluarkan sebagian harta, pendapatan atau penghasilan yang diperintahkan dalam ajaran Islam untuk suatu kepentingan.

Siapa pun yang memberikan infaq harus dilakukan dengan sukarela. Bahkan Allah memberikan kebebasan untuk menentukan berapa jumlah serta jenis harta apa yang dikeluarkannya.

Apa perbedaan antara Infaq dan Shadaqah?

Pada infaq juga tidak dikenal nisab atau jumlah harta yang dimiliki. Juga tidak ada kewajiban untuk disalurkan pada mustahik. Sehingga infaq bisa diberikan pada anak, sanak saudara, keluarga, tetangga, atau siapa saja.

Kemudian bagaimana dengan sedekah atau shadaqah atau shodaqoh? Istilah ini berasal dari shadaqa yang artinya benar. Menurut istilah, sedekah merupakan pemberian yang dilakukan secara ikhlas dan sukarela dari seorang muslim pada muslim lainnya tanpa batas waktu dan jumlah.

Sedekah bisa berupa materi maupun non materi. Bahkan memberikan senyuman saja bisa dianggap sedekah. Ini yang membuat sedekah memiliki makna yang lebih luas dibandingkan dengan infaq atau zakat.

Persamaan Infaq dan Sedekah

Setelah Anda mengetahui apa perbedaan infaq dan sedekah, lantas adakah persamaan dari keduanya?

Persamaan dari kedua hal tersebut terletak pada sebutan atau nama bagi harta kekayaan tertentu, yang dikeluarkan oleh pemiliknya. Sebutannya adalah munfiq untuk infaq, serta mustashaddiq untuk sedekah.

Persamaa yang kedua terletak pada ruang lingkupnya. Jika infaq terbatas atau dibatasi hanya dalam bentuk harta benda kekayaan, sementara sedekah meliputi harta dan juga non harta.

Dalil tentang Infaq

Di dalam Al-Qur’an banyak sekali pembahasan mengenai infaq. Dalil ini bisa menjadi motivasi agar kita semua semakin dimudahkan untuk membelanjakan harta di jalan Allah.

  1. Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, menegakkan salat, dan menginfaqkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka. (Qs. Al-Baqarah: 2-3)
  2. Berikut dalil yang kedua. Infaqkanlah (hartamu) di jalan Allah. Janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, berbuat baiklah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (Qs. Al-Baqarah: 195)
  3. Ayat lainnya dalam Al-Qur’an yang juga menyatakan mengenai infaq adalah, “Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang apa yang harus mereka infaqkan. Katakanlah, “Harta apa saja yang kamu infaqkan. Sebaiknya diperuntukkan bagi kedua orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin dan orang yang dalam perjalanan.”Dan kebaikan apa saja yang kamu lakukan, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui. (Qs. Al-Baqarah: 215)

Dalil tentang Sedekah

Sementara dalil sedekah ada di beberapa ayat Al-Qur’an. Salah satunya adalah ini, “Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu. Sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata, “Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat. Dan menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh.” (Qs. Al-Munafiqun: 10).

Kini Anda sudah mengetahui perbedaan infaq dan sedekah, termasuk persamaan hingga dalilnya. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d blogger menyukai ini: