sholat sunnah sebelum subuh
CategoriesUncategorized

Sholat Sunnah Sebelum Subuh atau Sholat Sunnah Fajar? Simak Keutamaanya

Sholat lima waktu merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Setiap Sholat wajib memiliki amalan sholat sunnah nya masing-masing. Sholat sunnah sebelum subuh salah satunya.  

Sholat Sunnah Rawatib

sholat sunnah fajar

Sholat Sunnah Rawatib merupakan sholat sunnah yang beriringan dengan sholat fardu. Sholat sunnah ini terdapat 2 macam yaitu, sholat sunnah qobliyah dan  sholat sunnah ba’diyah. 

Sholat sunnah qobliyah adalah sholat 2 rakaat yang dikerjakan sebelum menunaikan sholat fardu atau biasa. Sedangkan yang dikerjakan setelah sholat fardu disebut sholat sunnah ba’diyah.

Sholat sunnah rawatib berfungsi untuk menyempurnakan shalat fardu, jika terdapat kekurangan dalam menjalankannya. Oleh karena itu, shalat rawatib ini sangat berguna untuk menutup segala kekurangan tersebut dan yang akan menjadi bekal kita kelak. 

Dalam sebuah hadist yang berkaitan dengan sholat sunnah rawatib ini, Rasulullah Shallahualaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali dihisab pada hari Kiamat adalah shalat fardu. Itu pun jika sang hamba menyempurnakannya. Jika tidak, maka disampaikan, “Lihatlah oleh kalian, apakah hamba itu memiliki amalan (salat) sunah?” Jika memiliki amalan salat sunah, sempurnakan amalan salat fardu dengan amal salat sunahnya. Kemudian, perlakukanlah amal-amal fardu lainnya seperti (dalam kasus salat) tadi.” (H.R. Ibnu Majah).

Menurut pendapat sebagian besar ulama, sholat fajar merupakan sholat sunnah sebelum (Qobliyah) subuh. Imam Abu Hasan Al-Mubarakfuri menjelaskan bahwa dua rakat shalat fajar yang disebutkan dalam hadist dibawah ini adalah sholat sunnah sebelum subuh. 

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Dua rakaat shalat Fajar lebih baik dari dunia dan seisinya (HR. Muslim no. 725).

Pengertian Sholat Sunnah Sebelum Subuh

sholat sunnah fajar masjid

Sejalan dengan penjelasan pembuka diatas, imam empat mazhab fikih memiliki pendapat yang sama bahwa yang dimaksud dengan sholat sunnah fajar dua rakaat adalah sholat sunnah sebelum subuh. Ditambah dengan waktu pengerjaan dari keduanya yakni di waktu subuh. Sejatinya hanya ada dua shalat yang dilakukan pada saat terbitnya fajar yaitu fajar dan sholat subuh.

Maka dari beberapa penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa sholat sunnah fajar sama atau merupakan nama lain dari sholat sunnah sebelum subuh. 

Keutamaan Sholat Sunnah Sebelum Subuh atau Sholat Fajar

sholat sunnah qobliyah subuh

Beberapa keutamaan sholat sunnah Fajar, antara lain:

1. Lebik Baik dari Dunia dan Seisinya

“Dua raka’at fajar (sholat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim).

2. Dapat Menjadi Wasilah Dipertemukannya dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala

“Kami sedang duduk bersama Rasulullah SAW, ketika melihat bulan purnama. Beliau berkata, ‘sungguh, kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan yang tidak terhalang dalam melihatnya. Apabila kalian mampu, janganlah kalian menyerah melakukan shalat sebelum terbit matahari dan shalat sebelum terbenam matahari. Maka lakukanlah”. (HR Al-Bukhari dan Muslim).

3. Selalu Dalam Perlindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala

“Barangsiapa melaksanakan shalat Subuh maka ia dalam jaminan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Maka jangan coba-coba membuat Allah Subhanahu Wa Ta’ala membuktikan janjiNya. Barangsiapa membunuh orang yang menunaikan shalat Subuh, Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan menuntutnya, sehingga ia akan membenamkan mukanya kedalam neraka.” (HR Muslim).

3. Menjadi Penyempurna Sholat Fardu

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah shalat. Kemudian Allah Ta’ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih Mengetahui segala sesuatu, “Lihatlah kalian pada shalat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan? Jika shalatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun, jika shalatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunnah? Jika ia memiliki shalat sunnah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan shalat sunnah yang ia lakukan. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu.” (HR. Abu Daud).

Niat Sholat Sunnah Sebelum Subuh

sholat sunnah qobliyah

Berikut ini adalah niat untuk melaksanakan sholat sunnah Fajar.

اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى 

Usholli Sunnatash Subhi Rok’ataini Qobliyatan Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala 

Artinya: “Aku niat mengerjakan salat sunah sebelum subuh 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

Dalil Terkait Sholat Sunnah Qobliyah Subuh / Sholat Fajar

Ada berbagai dalil terkait sholat sunnah sebelum subuh ini. Selain 2 hadist diatas, ada beberapa dalil lainnya yang bisa memperkuat keutamaan ataupun bahkan meningkatkan semangat kita untuk terus melaksanakan sholat yang memiliki banyak keutamaan ini.

  1. Diriwayatkan dari Ibnu Umar, ia mengingat Nabi Muhammad saw. salat 10 rakaat, dengan rincian 2 rakaat sebelum salat zuhur dan 2 rakaat sesudahnya, 2 rakaat sesudah salat Magrib di rumahnya, 2 rakaat sesudah salat Isya di rumahnya, dan 2 rakaat sebelum salat Subuh.” (H.R. al-Bukhari).
  2. Terkait jumlah rakaat sebelum zuhur, ada riwayat dari Aisyah bahwa jumlahnya 4 rakaat, “Nabi saw tidak pernah meninggalkan 4 rakaat sebelum salat zuhur dan 2 rakaat sebelum salat subuh.” (H.R. al-Bukhari).
  3. Dalam riwayat lain, dari Ummi Habibah, ia mendengar Nabi bersabda, “Barangsiapa yang salat (sunah rawatib) 12 rakaat dalam sehari semalam, niscaya dibuatkan bagi mereka sebuah rumah di surga.” (H.R. Muslim).

 

Sumber: Shalat Sunnah Rawatib: Bacaan Niat, Waktu Pengerjaan, Jumlah Rakaat”, https://tirto.id/fkrj

Sumber: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/devi-ari-rahmadhani/mengajarkan-anak-tata-cara-niat-dan-keutamaan-salat-qobliyah-subuh/3