Ucapan Iduladha 2022 Penuh Makna untuk Kerabat Terdekat

Iduladha merupakan salah satu momen sakral bagi umat Islam. Bukan hanya tentang pelaksanaan salat Idul Adha serta penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan setelahnya, tetapi Idul Adha juga merupakan salah satu momen di mana sebagian umat Islam di seluruh dunia melaksanakan ibadah haji, yang merupakan rukun Islam terakhir, di Mekah.

Dalam sejarah Islam, ada momen mengharukan yang juga mengiringi pelaksanaan serangkaian ibadah Iduladha. Salah satunya adalah bagaimana kisah Nabi Ibrahim yang mendapatkan mimpi untuk menyembelih Nabi Ismail –putra yang sudah ia tunggu puluhan tahun lamanya. Karena keteguhan iman, Nabi Ibrahim menerima perintah Allah untuk menyembelih Nabi Ismail sebelum akhirnya Allah mengganti Nabi Ismail dengan seekor domba.

Tentu, banyak hal yang bisa dilakukan untuk turut memeriahkan momen Iduladha, salah satunya dengan saling mengirim dan bertukar ucapan. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa ucapan Idul Adha 2022 yang menarik dan cocok untuk kerabat terdekat.

Penasaran? Simak ulasannya!

Perintah untuk berbagi kabar gembira

Islam adalah agama yang menjunjung tinggi tali persaudaraan, terutama dengan keluarga dan kerabat terdekat. Oleh karenanya, ada perintah bagi setiap muslim untuk senantiasa berbagi kabar gembira pada keluarga terdekat dan juga saudara seiman.

Dalam surat Al Baqarah ayat 25, Allah berfirman, yang artinya,

“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu mereka mengatakan, “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu.” Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci, dan mereka kekal di dalamnya,”

Ayat di atas adalah salah satu dalil yang menganjurkan setiap muslim untuk berbagi kabar gembira ke sesama. Tentu, ada banyak kabar gembira yang bisa diberikan dalam rangka untuk membagi kebahagiaan yang dirasakan tersebut, salah satunya adalah saling memberikan ucapan Iduladha.

Beragam ucapan Idul Adha penuh makna

Seperti yang disinggung di awal, saling memberikan ucapan Iduladha adalah salah satu cara berbagi kabar gembira antar umat muslim. Tentu, ada banyak ucapan Iduladha yang bisa dirangkai dan dikirimkan terutama untuk kerabat terdekat.

Adapun beragam ucapan Iduladha yang bisa dijadikan inspirasi untuk dikirimkan ke sanak famili terdekat adalah sebagai berikut:

  1. Gema takbir menyambung Iduladha tahun 2022 sudah menggema. Semoga Allah senantiasa memberikan berkah dan rezeki yang halal serta melimpah untuk kita semua. Semoga Allah juga memudahkan kita bisa berkumpul bersama keluarga dan menikmati momen Iduladha bersama-sama.
  2. Di hari yang penuh berkah ini, tidak ada yang pantas diucapkan selain doa. Selamat Hari Raya Iduladha 1443 H. Semoga kebaikan senantiasa menyertai dan membimbing di kala hati sedang merasa gundah. Semoga Allah memberikan kemudahan untuk senantiasa bisa berkurban.
  3. Mari kita mengawali hari raya kurban ini dengan hati yang bersih dan penuh dengan senyuman. Semoga hewan kurban yang kau berikan menjadi salah satu saksi atas kebaikan amal yang kamu miliki ketika nanti berjumpa dengan-Nya.
  4. Tiada ucapan seindah doa yang pantas untuk diucapkan di momen istimewa ini. Terima kasih telah memberikan banyak bantuan pada saudara-saudara yang membutuhkan. Semoga keikhlasan yang kamu berikan nantinya akan berbalas dengan kebaikan tak berujung dari Sang Maha Pencipta. Selamat merayakan Hari Raya Iduladha.
  5. Ketika sa’i adalah sebuah harapan, putaran saat tawaf adalah cermin dari sebuah penghambaan, wukuf adalah bukti dari ketundukan, serta lemparan jumrah yang dilakukan adalah sebuah perjuangan, maka takbir adalah sebuah kemenangan yang didapatkan. Selamat Iduladha 1443 H. Semoga Allah senantiasa memudahkan setiap urusan yang kamu miliki
  6. Kambing dan sapi yang dijadikan hewan kurban hanyalah wasilah. Apa yang terpenting merupakan keikhlasan dan kerendahan hati dalam menghamba. Allah tentu tidak akan mengecewakan setiap hamba yang senantiasa berusaha dekat dengan-Nya. Selamat Iduladha 2022!
  7. Senandung takbir bergema di banyak pelosok negeri, mengagungkan kebesaran Allah dalam sebuah hari yang suci. Tidak hanya menggetarkan hati, tetapi juga mengingatkan betapa kecil diri dan hati ini di hadapan Ilahi Rabbi. Izinkan aku meminta maaf atas segala khilaf yang telah dilakukan. Selamat Iduladha 1443 H, sahabat.
  8. Ibrahim mengajarkan bahwa penghambaan dan peribadahan memang memerlukan sikap ikhlas dan ketundukan yang mendalam. Namun, bukan berarti ketundukan adalah sebuah kesalahan dan suatu kerapuhan. Sebab hanya dengan kepatuhan dan ketundukan pada Allah, Ia akan memberikan kekuatan yang lebih bagi kita semua. Selamat merayakan hari raya Iduladha. Semoga senantiasa dilindungi Allah dan mendapatkan naungan iman.
  9. Di hari yang penuh makna ini, tidak ada ucapan yang pantas kecuali doa. Semoga Allah senantiasa menjaga keluarga kita dan memudahkan kita untuk senantiasa berkumpul di berbagai momen hingga kelak ajal menjemput. Selamat merayakan hari raya Iduladha.
  10. Kala tetesan air mata Ibrahim jatuh karena keteguhan Ismail dalam menerima perintah Allah, di situlah ada pelajaran tentang pengorbanan dalam menjalankan perintah-Nya. Selamat Iduladha, sahabat. Semoga Allah senantiasa meneguhkan iman kita.
  11. Jarak memang membuat kita jauh, tetapi iman membuat kita senantiasa dekat. Selamat berhari raya Iduladha. Semoga kelak ada banyak waktu untuk bersama.

Pilih salah satu ucapan Idul Adha di atas untuk dikirimkan ke orang-orang tercinta.

%d blogger menyukai ini: